by

Optimalisasi Peran Kapolsek X Koto AKP.Rita Suryanti, SH, Bersinergi Bersama Masyarakat

-DAERAH-1,444 views

Tanah Datar,METROAKTUSL.NET-Tugas pokok dan fungsi Kepolisian Republik Indonesia dalam memberikan rasa aman, nyaman, perlindungan hukum, pencegahan, pembinaan dan pengayoman kepada masyarakat, sesuai dengan Undang-Undang nomor : 2 tahun 2002, terlaksana dengan sangat baik di wilayah hukum Polsek X Koto, Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat.

AKP.Rita Suryanti, SH, yang belum lama menjabat sebagai Kapolsek X Koto, adalah sosok Srikandi yang ramah, cerdas, kreatif, inovatif, tegas dan agamis ini, selalu mengedepankan kebersamaan dan soliditas masyarakat, selalu aktif, kreatif dalam bertugas di masyarakat X Koto.

Salah satu giat dalam upaya memberikan rasa aman bagi masyarakat, baru-baru ini, Kapolsek X Koto AKP.Rita Suryanti, SH, beserta jajaran Polres Kota Padang Panjang meminjam pakai 10 unit Handy Talky (HT) baru, kepada pengelola gunung Merapi dan para pecinta alam Kelompok yang tergabung dalam Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kecamatan X Koto, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, yang dilaksanakan di kantor kepolisian sektor X Koto. Turut hadir pada kegiatan ini, wakil jajaran Polres Kota Padang Panjang, Kanit Intel Polsek X Koto, pengelola gunung Singgalang dan gunung merapi, dan para pencinta alam.
Saat dikonfirmasi terkait giat ini, Kapolsek X Koto AKP.Rita Suryanti, SH, mengatakan bahwa kegiatan pinjam pakai 10 unit alat komunikasi HT kepada para pengelola gunung Singgalang dan merapi yang tergabung dalam kelompok sadar wisata (Pokdarwis) X Koto ini, merupakan kerjasama kepolisian dengan organisasi Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) dan Dinas Kesehatan, dalam upaya komunikasi di lapangan guna mengantisipasi situasi kondisi yang tidak diharapkan bagi para pecinta alam dan pendaki gunung, sekaligus memberi rasa aman dan bantuan darurat jika diperlukan.

“Diberikannya alat komunikasi HT ini menggunakan frekwensi 162800 milik Dinas Kesehatan, sebagai upaya antisipasi kondisi gunung Merapi yang telah masuk katagori level 2 Waspada.
Pihak kepolisian Sektor X Koto berkewajiban membantu memberi rasa aman bagi para pecinta alam dan pendaki Gunung Merapi-Kota Baru dan Gunung Singgalang-Pandai Sikek, sekaligus untuk memudahkan komunikasi pelaporan situasi ter-update, pemanggilan, penghijauan dan koordinasi antara para pendaki dengan pihak kepolisian,” terang Kapolsek.
Lebih lanjut Kapolsek X Koto AKP.Rita Suryanti, SH, mengingatkan dan menghimbau para anggota Pokdarwis, agar berlaku sopan, profesional dan tetap waspada.

“Pahami metode tata cara penggunaan HT ini dan patuhi aturan norma adat istiadat Minang dan agama,” pungkasnya.

Sementara itu pasca pemberian 10 unit HT, Humas pengelola gunung Singgalang, mewakili Pokdarwis X Koto, Denaldo mengatakan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi pihak Polsek X Koto dibawah Komando Kapolsek AKP.Rita Suryanti, SH, yang telah meminjam pakai alat komunikasi yang memang sangat diperlukan rekan-rekan pendaki gunung guna meminimalisir situasi yang tidak diinginkan.

“Untuk jalur pendakian gunung Singgalang tergolong ekstrim bagi para pendaki gunung, dibanding jalur gunung Merapi.

Sementara ada lebih dari 50 anggota pecinta alam yang tergabung dalam Pokdarwis Kecamatan X Koto, berharap agar kegiatan seperti ini terus ditingkatkan tiap tahunnya.( ARIP)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed