by

Kenalkan Warisan Budaya Ke Manca Negara lewat busana kebaya

Jakarta,METROAKTUAL.NET-Berkeinginan mengenalkan busana Kebaya secara menasional, Ketua Indonesia Berkebaya, Rahini Hidayati menggelar talkshow bertemakan ‘Indonesia Berkebaya’. Rahini berharap busana Berkebaya dapat mengenalkan Indonesia ke pentas dunia.

Rahini menuturkan keinginannya mengenalkan busana kebaya menjadi busana nasional yang dikenakan tiap hari Selasa adalah semata adalah agar Indonesia dapat dengan mudah di kenal di manca negara, tidak bedanya dengan busana sari India yang begitu mudah dikenali.

“Saat seseorang mengenakan busana sari, orang bisa kenal dengan cepat bahwa sari itu dari India. Itulah alasan saya menggelar talkshow Indonesia Berkebaya ini. Lewat ajang ini, saya berharap agar busana kebaya bisa menjadi busana nasional yang dikenakan tiap hari Selasa,” ucap Rahini, Selasa (16/7) di Museum Nasional, Jakarta.

tambah Rahini ini, mengenakan kebaya tidak sulit. Bahkan berpakaian kebaya juga tidak mengurangi gerakan.

“Nggak terganggu. Saya biasa naik ke berbagai gunung di Indonesia berpakaian kebaya. Gak usah takut lepas kainnya. Ikatannya mudah. Agar tampil cantik, ikatannya bisa gunakan asesories,” jelasnya.

Menanggapi keinginan Rahini menjadikan busana kebaya menjadi budaya nasional agar memudahkan identitas Indonesia dikenal di manca negara, RAjT.Kartika Oman Putriwijaya yang juga mantan model majalah remaja Aneka Yess mengatakan sangat sepakat.

“Sama dengan ide saya. Jadi sebagai generasi penerus wajib melestarikan. Dan pastinya juga meningkatkan daya jual pengusaha kebaya. Dan motifnya kasual. Bisa juga bahan batik,” jelasnya.

Mengenai agar busana kebaya dikenakan tiap Selasa, Tika tidak sependapat. Tika berharap busana kebaya agar bisa dikenakan sehari hari.

“Seperti di Myanmar ( Burma), warga Burma mengenakan pakaian adat mereka yang mereka sebut dengan istilah loging atau adat pakaian keseharian, mereka kenakan setiap hari. Alangkah eloknya kebaya bisa dikenakan berbagai aktivitas setiap hari,” tutup Tika

emata agar kebaya budaya I

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed