by

EKSPOSE PUBLIK TAHUNAN DAN INSIDENTIIL

METROAKTUAL.NET
Jakarta,Memenuhi ketentuan Bursa, Perseroan melaksanakan Ekspose Publik Tahunan bersamaan dengan Ekspose Publik Insidentill berkenaan dengan Informasi dan status terkini Perseroan paska akuisisi PT Wasesa Line (“WL”) yang telah rampung pada akhir Januari 2021.

Penyelesaian akuisisi 99,81% saham PT Wasesa Line (WL) yang dimiliki PT Prime Asia Capital (PAC) tersebut, dilaksanakan melalui pemasukan saham WL (inbreng) ke dalam Perseroan dalam pelaksanaan Penambahan Modal Dengan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (PMHMETD), yang membawa PAC sebagai pengendali baru Perseroan serta menandai transformasi usaha Perseroan di bidang pelayaran domestik untuk penumpang dan barang untuk mendukung aktivitas produksi migas lepas pantal.


Akuisisi saham WL tersebut telah membawa dampak signikan terhadap perbaikan aktivitas operasional dan kinerja keuangan Perseroan serta kelangsungan usaha Perseroan ke depan. Berdasarkan Laporan Keuangan Auditan Februari 2021, Perseroan memperoleh opini Wajar, dimana Perseroan dapat membukukan kembali adanya pendapatan usaha dari kegiatan yang dijalankan entitas anak WL sebesar Rp. 7,70 miliar dan struktur permodalan kembali positif menjadi Rp.130,98 miliar. Sementara sebelum masuknya WL, Laporan Konsolidasian per 31 Desember 2021 masih mencatat defisiensi modal Rp. (8,98 miliar dan modal kerja bersih negatif sebesar Rp.14,34 miliar, dikarenakan ketiadaan pendapatan Perseroan sejak berakhirnya kontrak entitas anak IBN Oil Holdico pada akhir November 2019.
Kontribusi pendapatan utama WL berasal dari penyewaan kapal milik sendiri untuk mengangkut penumpang dan barang untuk memenuhi kebutuhan utama (basic needs) dalam kegiatan produksi minyak lepas pantai (offshore), sedangkan segmen layanan lain meliputi pengelolaan kapal non milik serta keagenan kapal. Melihat peranan layanan WL sangat vital dalam produksi migas lepas pantai, Perseroan berkeyakinan WL dapat memberikan kepastian pendapatan berkelanjutan bagi kelangsungan usaha Perseroan ke depan.

Perseroan bersama pemegang saham pengendali baru telah berkomitmen untuk terus menjaga dan meningkatkan pertumbuhan usaha Perseroan ke depan secara organic, antara lain dengan mengoptimalkan utilitas armada kapal dan meningkatkan kapasitas layanan, serta melakukan strategi pertumbuhan unorganic melalui akuisisi perusahaan target dalam core business maupun non core business. Proses penjajakan dengan perusahaan target masih terus berjalan untuk dapat mempercepat pertumbuhan asset dan pendapatan Perseroan.

Dengan perbaikan kondisi Perseroan paska akuisisi tersebut diatas, Perseroan berharap Bursa dapat mencabut kembali penghentian perdagangan (suspensi) saham Perseroan, sehingga dapat memberikan kepastian investasi kepada para investor, dan tentunya memberikan
kepastian bagi pengembangan usaha Perseroan ke depan. (Sp)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed